Enrolment options

TI-ORAKOM Organisasi dan Arsitektur Komputer

Deskripsi Mata kuliah :

Penerapan cara pembelajaran pada matakuliah Organisasi Dan Arsitektur Komputer secara umum ditujukan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa dalam berfikir secara logis, kritis, kreatif dan analitis dalam memecahkan masalah berbasis program komputer dan peningkatan kinerja serta optimasinya. Secara khusus pada matakuliah ini akan diberikan ketrampilan baru dalam hal pengukuran efisiensi dan optimasi kinerja computer (pada level pemrogramannya. Disamping itu kemampuan kepemimpinan (leadership) dan kemampuan bekerja sama dalam sebuah kelompok (team work) juga akan ditanamkan melalui tugas-tugas kelompok dan presentasi-pesentasi tugas terstruktur baik dalam hal penguasaan audiens, menjawab pertanyaan maupun penyampaian materi. Hal tersebut sesuai dengan tujuan pendidikan bidang ilmu komputer diantaranya adalah mempunyai pengetahuan dan ketrampilan yang cukup untuk bekerja dalam bidang-bidang yang menyangkut pengelolaan komputer maupun penggunaan dan pemanfaatan dalam bidang teknologi informasi.

Standar Kompetensi :

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan:

  • dapat memahami komponen dasar suatu mesin komputer, mengerti bahasa level rendah dan menengah yang akan di gunakan sebagai alat bantu pemahaman organisasi dan arsitektur komputer dari pandangan seorang pemrogram.
  • mempunyai ketrampilan yang memadai dalam hal pengolahan mesin dengan mengunakan bahasa level rendah, dan disain sederhana pada pemroses serta mengerti cara kerja pemroses secara umum, serta mengerti disain dasar memori, I/O dan teknik pipeline. Mahasiswa juga di beri bekal untuk dapat menguji efisiensi, kinerja komputer setidaknya bagian terpenting bagi seorang pemrogram, memori dan prosesor, dengan mengimplementasikan suatu program untuk melakukan eksplorasi terhadapnya.
  • Meningkatkan kerjasama dalam kelompok dan kemampuan dalam menyampaikan ide atau pemikiran, serta meningkatkan kemampuan berfikir secara analitik yang secara tidak langsung akan menumbuhkan jiwa kepemimpinan melalui kerja kelompok dan kegiatan presentasi.
  • Mempunyai ketrampilan dalam memperoleh matri-materi kuliah baik dari bahan yang telah disediakan oleh dosen maupun materi lain dengan melakukan pencarian melalui internet.

Guests cannot access this course. Please log in.