Topic outline

  • Informasi Umum Hibah PDITT

    Berikut adalah informasi dan dokumen pendukung proposal PDITT (Pembelajaran Daring Terbuka dan Terpadu) yang diadakan oleh BELMAWA RISTEK DIKTI.

    Terdapat 3 skim yang tersedia yaitu:

    1. Mata Kuliah Daring
    2. Mata Kuliah Terbuka
    3. Materi Terbuka
  • Mata Kuliah Daring

    Mata kuliah daring adalah mata kuliah yang disampaikan secara online dengan menggunakan alat bantu Learning Management System (LMS). Hibah mata kuliah daring bertujuan agar perguruan tinggi yang telah mapan (minimal terakreditasi B) dapat membagi pengetahuan dan pengalaman perkuliahan dengan perguruan tinggi mitra secara daring.

    Oleh karena itu dalam proposal mata kuliah daring harus disertakan juga perguruan tinggi mitra yang akan diajak mengikuti mata kuliah daring yang diselenggarakan.

    Proposal untuk mata kuliah daring, terdiri atas:

    1. Pendahuluan; penjelasan tentang latarbelakang/rasional, tujuan, sasaran, ruang lingkup.
    2. Proses Penyelenggaraan dan Pengembangan Konten Mata Kuliah Daring yang menggabungkan pemanfaatan e-learning dan pembelajaran tatap muka konvensional (blended learning); penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan yang akan dilakukan pada tahap analisis, tahap perancangan dan pengembangan konten tersebut.
    3. Proses Penyelenggaraan Perkuliahan; penjelasan tentang rencana perguruan tinggi yang akan berpotensi menjadi mitra sebagai perguruan tinggi pengguna, proyeksi mahasiswa yang akan mengikuti mata kuliah daring, langkah-langkah kegiatan yang akan dilakukan untuk memperoleh kemitraan dengan perguruan tinggi pengguna.
    4. Anggaran Realisasi Biaya; penjelasan tentang biaya pengembangan dan penyelenggaraan mata kuliah daring. Anggaran biaya yang dimaksud adalah anggaran biaya untuk honor baik tahap pengembangan maupun penyelenggaraan mata kuliah daring. Anggaran biaya tidak diperuntukan biaya investasi seperti ATK, pengadaan barang/peralatan, dan lain-lain.
    5. Jadwal; penjelasan tentang rencana tentatif pelaksanaan kegiatan yang akan dilakukan untuk pengembangan konten, penjajakan kerjasama dengan perguruan tinggi pengguna sebagai mitra dan penyelenggaraan kuliah daring.

    • Mata Kuliah Terbuka

      Jika Mata Kuliah Daring wajib dilaksanakan dengan mitra, maka skim Mata Kuliah Terbuka hanya sebatas mengembangkan semacam template untuk perkuliahan online. Pada skim ini kita diminta untuk merancang dan membuat keseluruhan konten termasuk materi, penugasan, ujian, dan juga prosedur perkuliahan untuk sebuah mata kuliah online.

      Proposal untuk mata kuliah terbuka, terdiri atas:

      1. Pendahuluan; penjelasan tentang latarbelakang/rasional, tujuan, sasaran, ruang lingkup.
      2. Proses Pengembangan Konten Matakuliah Terbuka; penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan yang akan dilakukan pada tahap analisis, tahap perancangan dan pengembangan konten tersebut.
      3. Anggaran Realisasi Biaya; penjelasan tentang biaya pengembangan mata kuliah terbuka baik untuk tahap analisis, perancangan dan pengembangan. Anggaran biaya yang dimaksud adalah anggaran biaya untuk honor baik tahap analisis, perancangan dan pengembangan mata kuliah terbuka. Anggaran biaya tidak diperuntukan biaya investasi seperti ATK, pengadaan barang/peralatan, dan lain-lain.
      4. Jadwal; penjelasan tentang rencana tentatif pelaksanaan kegatan yang kan dilakukan untuk pengembangan konten yang meliputi tahap analisis, perancangan dan pengembangan (termasuk uploading ke sistem PDITT)
      • Materi Terbuka

        Proposal untuk materi terbuka, terdiri atas:

        1. Pendahuluan; penjelasan tentang latarbelakang/rasional, tujuan, sasaran, ruang lingkup.
        2. Proses Pengembangan Konten Terbuka; penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan yang akan dilakukan pada tahap analisis, tahap perancangan dan pengembangan konten tersebut.
        3. Anggaran Realisasi Biaya; penjelasan tentang biaya pengembangan konten terbuka baik untuk tahap analisis, perancangan dan pengembangan. Anggaran biaya yang dimaksud adalah anggaran biaya untuk honor baik tahap analisis, perancangan dan pengembangan materi terbuka. Anggaran biaya tidak diperuntukan biaya investasi seperti ATK, pengadaan barang/peralatan, dan lain-lain.
        4. Jadwal; penjelasan tentang rencana tentatif dalam pengembangan materi terbuka yang meliputi tahap analisis, perancangan dan pengembangan (termasuk uploading ke sistem PDITT)
        • Download Dokumen Pendukung

          Download - Alur Proposal Hibah PDITT UDINUS

          Download - Panduan Hibah PDITT 2016

          Download - Template Proposal Hibah PDITT

          Download - Panduan Pelaksanaan PJJ

          Download - Buku Panduan Pengembangan KDITT

          Download - Kelengkapan Unsur Mata Kuliah Daring

          Download - Penjaminan Mutu Sistem Pembelajaran Daring

          Download - Penjaminan Mutu Proses Pembelajaran Daring

          Download - Penjaminan Mutu Pengembangan Objek

          Download - Penjaminan Mutu Asesmen Dan Evaluasi Pembelajaran Daring

          • Pelaksanaan Hibah PDITT

            Berikut adalah beberapa materi dan dokumen yang dapat digunakan sebagai referensi pelaksanaan Hibah PDITT UDINUS.