TI-RPP Representasi Pengetahuan dan Penalaran

Deskripsi Mata kuliah :

Penerapan cara pembelajaran pada matakuliah Representasi Pengetahuan dan Penalaran secara umum ditujukan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa dalam berfikir secara logis, kritis, kreatif dan analitis dalam memecahkan masalah berbasis penalaran dan pengetahuan. Di samping itu kemampuan kepemimpinan (leadership) dan kemampuan bekerja sama dalam sebuah kelompok (team work) juga akan ditanamkan melalui tugas-tugas kelompok dan presentasi-pesentasi tugas terstruktur baik dalam hal penguasaan audiens, menjawab pertanyaan maupun penyampaian materi. Hal tersebut sesuai dengan tujuan pendidikan bidang ilmu komputer diantaranya adalah mempunyai pengetahuan dan ketrampilan yang cukup untuk bekerja dalam bidang-bidang yang menyangkut pengetahuan logika maupun penalaran dalam bidang teknologi informasi.

Standar Kompetensi :

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan:

  • dapat memahami gagasan tentang sistem berbasis pengetahuan dan cara melakukan inferensi logika
  • mempunyai ketrampilan yang memadai dalam hal penyelesaian masalah berkaitan dengan penalaran dan logika dalam kasus nyata
  • Meningkatkan kerjasama dalam kelompok dan kemampuan dalam menyampaikan ide atau pemikiran, serta meningkatkan kemampuan berfikir secara analitik yang secara tidak langsung akan menumbuhkan jiwa kepemimpinan melalui kerja kelompok dan kegiatan presentasi.
  • Mempunyai ketrampilan dalam memperoleh matri-materi kuliah baik dari bahan yang telah disediakan oleh dosen maupun materi lain dengan melakukan pencarian melalui internet.